13 Hal Yang
Diajarkan Film Spongebob
Tentang Bisnis
1.
Intergritas dan Loyalitas
Dalam
episode "The Graveyard Shift" menunjukan bagaimana senangnya dia
ketika Krusty Krab dibuka 24 jam, episode lainya yg menujukan integritas dalam episode“ Just One Bite“ dimana dia
selalu datang jam 3 pagi untuk menghitung Krabby paty Integritas seorang
pegawai menjadi salah satu faktor keberhasilan suatu bisnis dimana dedikasi
seorang pegawai akan menentukan perkembangan bisnisnya dan inilah yang
ditunjukan oleh Spongebob ke Krusty Krab
2.
Penghargaan Terhadap Pegawai
Dalam
binsis pegawai merupakan inti sebuah perusahaan untuk itulah penting memberikan
penghargaan terhadap pegawai agar produktivitsanya meningkat. Dalam Film Spongebob ini ditunjukan oleh Mr. Krabs
pada episode ‘Employee of the Month’ dengan memberikan predikat pekerja pada
bulan ini kepada pegawai yang telah bekerja dengan baik di Krusty Krab yang
akhirnya membuat Spongebob
dan squidward salaing bersaing untuk mendapatkan penghargaan tersebut.
3.
Strategi Pemasaran
Dalam
berbisnis diperlukan strategi yang tepat agar produk yang kita jual disukai
masyrakat dalam Spongebob
nilai ini ditunjukan pada episode “The Good Krabby Name “ dimana agar penduduk
bikini bottom agar datang ke Krusty Krab Mr. Krab menyuruh Spongebob memikirkan nama yg dapat menarik
pelanggan datang, di episode “As Seen On TV” Mr.Krab melakukan pemasaran dengan
memperkenalkan Krabby patty melaui TV.
4.
Fokus pada Inti Bisnis Anda
Pada
episode "Bossy Boots" Mr.Krab mengangkat Pearl menjadi pegawai Krusty
Krab ide Pearl merubah Krusty Krab mulai dari makanan,nama dan bentuk Krusty
Krab karena perubahan tersebut sudah melenceng dari inti bisnis kraby patty
mengakibatkan Mr.krab kehilangan banyak uang. Pelajaran diatas menunjukan bahwa
ketika mengembangkan bisnis kita harus tetap pada awal inti bisnis tersebut
perubahan yg signifikan malah dapat menghancurkan bisnis kita.
5.
Kualitas Produk
Pada
episode “Born Again Krabs“ Mr. Krab menyuruh menjual Krabby Patty yang sudah
busuk dan tidak boleh membikin yang baru sampai Patty yang busuk itu terjual
akibatnya Krab kehilangan banyak pelangga pelajaran yg dapat diambil adalah
Kualitas Produk yang dijual menentukan kelayakan barang tersebut untuk dibeli
pembeli, pembeli tidak lagi bodoh mereka dapat mempelajari produk yang kita
jual.
6.
Pelanggan Adalah Raja
Dalam
episode” The Krusty Tower” mengajarkan pentingnya pelanggan bagi bisnis
bercerita ketika Mr.Krab ingin membuat hotel dengan slogan kalimat "We
shall never deny a guest even the most ridiculous request"(kita tidak
pernah menolak permintaan pelanggan meskipun itu permintaan aneh2) kalimat
tersebut menujukan bahwa betapa pentingnya pelanggan bagi sebuah bisnis.
7.
Pelayanan=Keuntungan
Pada
episode “Bubble Buddy” Mr.krabs menyuruh Squidward untuk melayani apapun yg
diminta bubble budy karena telah membeli semua Krabby Patty. Pada episode “Good
Ol' Whatshisname “ dengan meberi pelayanan berupa mengingat nama pelanggan
dapat meberi keuntungan yakni pelanggan akan datang kembali dua episode diatas
menunjukan bahwa pelayanan yang baik akan membuat pelanggan prcaya pada produk
yg kita jual sehingga keuntunganpun kita dapat.
8.
Profitabilitas (Keuntungan)
Tujuan
bisnis adalah menghasilkan profit untuk pemilik bisnis. Sehebat apapun yang
dilakukan, tidak ada manfa'atnya jika tidak menghasilkan profit. Banyak episode
yang menunjukan bagaimana Mr.Krab mencari untung mulai dari menaikan harga
kraby patty sampai dengan menjual produk produk lain di luar kraby patty dalam
episode “Bucket Sweet Bucket” Spongebob
berhasil menemukan barang2 antik dari chum bucket sehingga membuat Krusty Krab
tampak mewah yg dimanfaatkan Mr. Krab dengan menaika harga Krabby Patty
9.
Kreatifitas dan Inovasi Produk
Pada
episode “Patty Hype” menceritakan bisnis yg lesu dimana Krusty Krab tidak
mendapat pelanggan satupun akhirnya Spongebob
memberi ide untuk mebuat Pretty Patty yang akhirnya sukses besar dan banyak orang
yang membeli kepada Spongebob
pelajaran yg diambil agar bisnis tidak stagnan diperlukan inovasi agar pembeli
tidak jenuh terhadap barang yg dijual terlalu umum/biasa
10.Kompetisi
Dalam
berbisnis kompetisi akan selalu ada layaknya Krusty Krab dan Chum Bucket dimana
Krusty Krab dengan Kraby Pattynya yg selalu berhasil menang kompetisi antara
keduanya menciptakan ide ide inovatif baik pada Mr. Krab dan Plankton pelajaran
yg diambil adalah bisnis tidak akan lepas dari kompetisi
11.
Jangan mudah menyerah dalam berbisnis
Yakin
bahwa sebesar apapun kegagalan yang dialami selama berpikir positf dan pantang
menyerah kesuksesan akan didapat. mungkin hal inilah yang diajarkan plankton
dalam berbisnis tidak peduli seberapa banyak dia gagal mencuri resep Krabby
Paty dan restoran Chum Bucketnya yg tidak mendapat pembeli satupun namun dia
tetap berusaha memajukan bisnisnya dengan berbagai ide anehnya.
12.
Identifikasi Peluang Bisnis
Dalam
episode “20,000 Patties Under the Sea” Spongebob dan Patrick menemukan kapal
selam hal ini memberi ide Mr.Krab menciptakan restoran keliling yg bisa membawa
banyak untung pelajaran yg diambil adalah seorang wirausaha harus mampu
mengamati lingkungan sekitar untuk menciptapkan peluang bisnis bukan
sebaliknya.
13.Efisiensi
Kata
efisiensi tentunya tidak lepas dari Mr.Krab pada episode “Life is Crime”
melakukan penghematan dimana seluruh barang yg ada di Krusty Krab di dapatkan
dari meminjam, episode “Kusty Krab Traning Video” menunjukan penghematan yg
dilakukan Mr. Krab antara lain mebangunya Krusty Krab dari rumah jompo,hanya
merekrut 2 pekerja,dan tidak membeli teknologi yg tidak diperlukan.
Pelajarannya adalah effisiensi penting untuk meningkatkan keuntungan tetapi
jangan sampai seperti Mr. Krab
TITONIC MELINDA SULF RAZOR LAS VEGAS LAS
BalasHapusTITONIC MELINDA SULF RAZOR LAS titanium exhaust VEGAS LAS. titanium scissors TOOKERS. ford ecosport titanium The TINATORE titanium nose rings MELINDA titanium gr 2 SULF RAZOR HOTEL SULF RAZOR LAWS DETAILS. $7.99.